Makanan Dan Minuman Pemicu Gigi Keropos

Gigi keropos atau biasa disebutnya erosi pada gigi, sebagian besar memang disebabkan oleh produk yang kita konsumsi, terutama makanan dan minuman yang mengandung asam. Asam inilah yang menjadi faktor utama dalam “melarutkan” permukaan email gigi. Untuk itu ketahuilah Makanan Dan Minuman Pemicu Gigi Keropos

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang sudah terbsebar di seluruh wilayah Indonesia dan telah dipasarkan di 20 negara.

Makanan Dan Minuman Pemicu Gigi Keropos

Makanan Dan Minuman Pemicu Gigi Keropos

Makanan Dan Minuman Pemicu Gigi Keropos – Gigi merupakan bagian awal dari saluran pencernaan, sehingga merawat kesehatan gigi adalah penting agar proses pencernaan kita dapat berjalan dengan sempurna. Salah satu hal yang harus dicegah dalam perawatan gigi adalah gigi yang keropos. Salah satu pemicu gigi keropos adalah makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Apa saja makanan dan minuman penyebab gigi keropos?

Gigi keropos atau erosi gigi merupakan kelanjutan dari gigi berlubang atau caries yang tidak segera ditangani. Penyebab utama gigi berlubang adalah paparan gigi terhadap senyawa asam, yang berasal dari makanan atau minuman. Senyawa asam ini dapat melarutkan lapisan enamel dan dentin pada gigi, sehingga terbentuk lubang pada permukaan gigi. Jika kerusakan pada gigi ini tidak segera diatasi, lubang yang terbentuk pada gigi akan semakin besar, dan menyebabkan gigi menjadi rapuh.

Berikut makanan dan minuman penyabab gigi keropos

  • Makanan ringan (snack)

Selain dapat menyebabkan penyakit diabetes tipe 2 dan obesitas, snack –seperti keripik kentang, juga bisa membuat gigi keropos. Zat karbohidrat di dalam tepung dipecah oleh bakteri menjadi zat asam sehingga mengikis enamel. Pastikan tidak ada sisa keripik yang tertinggal dengan menyikat sela-sela gigi sampai bersih.

  • Es batu

Meski terbuat dari air putih, tidak mengandung pemanis ataupun zat tambahan lainnya, kebiasaan mengunyah es batu dapat membahayakan gigi. Struktur enamel dan es batu yang sama kerasnya, dapat menyebabkan keretakan pada gigi saat beradu. Keretakan gigi dapat membuat gigi menjadi hipersensitif.

  • Makanan yang lengket dan manis

Ketika membeli camilan sehat, sebagian orang cenderung memilih buah kering. Buah kering biasanya memiliki struktur yang lengket dan dapat merusak gigi karena menempel lebih lama dibanding makanan lainnya. Pastikan Anda minum air putih dan menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan tersebut agar terhindar dari gigi keropos.

  • Lemon, jeruk nipis, dan stroberi

Ketiga buah ini mengandung fruktosa dan zat asam. Meski mengandung vitamin C yang tinggi, namun jika berada terlalu lama di dalam mulut berisiko melunakkan enamel dan memicu terjadinya karies. Imbangi konsumsinya dengan minum air putih yang cukup.

  • Kopi dan teh

Kopi dan teh adalah minuman alami yang baik untuk kesehatan. Sayangnya banyak orang yang lebih suka menikmatinya dengan tambahan gula. Masalahnya, tambahan tersebut dapat memicu gigi keropos. Jadi, pastikan selalu minum air putih setelahnya.

  • Minuman bersoda dan jus buah

Pada dasarnya minuman ini bersifat asam. Minuman dan makanan manis dalam jangka panjang dapat membuat plak gigi menjadi sarang bakteri. Bakteri tersebut memproduksi asam untuk melunakkan enamel sehingga memudahkan gigi keropos. Menggunakan sedotan dapat meminimalkan terpaparnya gigi dengan minuman tersebut.

  • Minuman beralkohol

Alkohol dapat menyebabkan mulut kering karena produksi air ludah yang berkurang. Hal ini bisa menyebabkan gigi berlubang, serta penyakit gigi dan gusi lainnya. Peminum alkohol berat juga berisiko mengalami kanker mulut.

  • Permen

Permen memang manis dan nikmat. Tapi konsumsi terus-menerus dapat merusak gigi. Permen yang bersifat keras juga berisiko membuat gigi patah atau retak. Sebagai penggantinya, kunyahlah permen karet atau permen mint tanpa pemanis buatan.

Setelah mengenal Makanan Dan Minuman Pemicu Gigi Keropos, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap gigi keropos. Batasi konsumsi makanan berkarbohidrat olahan dan minuman asam, terutama di luar waktu makan normal. Perbanyak konsumsi air putih, agar produksi ludah sebagai pembersih alami gigi lebih banyak, serta untuk menetralkan kondisi rongga mulut agar tidak asam. Selain itu, rajinlah membersihkan gigi dengan sikat gigi dan benang gigi, Jangan lupa untuk pergi ke dokter gigi secara teratur untuk memantau kondisi gigi Anda, serta untuk melakukan perawatan apabila ditemukan gigi yang berlubang atau gigi keropos.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmembersihkanusus.wordpress.com untuk update informasi kesehatan lainnya.

Makanan Dan Minuman Pemicu Gigi Keropos

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s