Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir

Apakah anda pernah melihat anak-anak yang dilahirkan dengan kondisi bibir sumbing? Tahukah anda mengapa hal itu bisa terjadi?? Ketahui Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir berikut ini

Selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir — Bibir sumbing merupakan satu dari beberapa jenis cacat lahir yang masih dalam kandungan. Kondisi ini dapat mulai terbentuk ketika bayi masih dalam kandungan. Untuk dapat menghindarkannya, kita perlu mengetahui penyebab bibir sumbing pada bayi. Terbentuknya kelainan pada wajah dan area mulut pada bayi ini bisa dipicu oleh beberapa hal.

Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir dimulai saat masih didalam kandungan, bagian tengkorak, wajah dan kepala si kecil mulai tumbuh secara bertahap. Namun, pada bayi yang lahir dengan bibir sumbing, pertumbuhan pada area tersebut tidak terjadi dengan sempurna alias tidak adanya cukup jaringan di daerah bibir atau mulut. Sementara, jaringan yang tersedia tidak bisa menyatu dengan baik. Hasilnya, akan timbul celah pada bibir atau langit-langit rongga mulut atau si kecil juga bisa lahir dengan celah pada keduanya.

Pemicu bibir sumbing pada bayi baru lahir

  • Faktor genetik dari orang tua

Gen yang didapatkan dari orang tua bisa mempengaruhi terjadinya bibir sumbing pada bayi. Kondisi ini menyebabkan jaringan bibir dan langit-langit mulut yang seharusnya terbentuk pada trimester pertama, namun tidak bisa terbentuk dengan baik. Bahkan ada beberapa kasus bibir sumbing yang hanya mengembangkan pada salah satu sudut bibir saja.

  • Wanita hamil yang mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol

Penyebab bibir sumbing pada bayi bisa terjadi karena alkohol dan konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama seperti narkoba. Proses pembentukan jaringan bibir dan mulut tidak terjadi dengan sempurna karena ada paparan zat kimia dari ibu ke janin lewat plasenta.

  • Riwayat bibir sumbing

Kasus bibir sumbing dalam keluarga meningkatkan potensi terjadinya cacat bibir sumbing. Kondisi ini sulit untuk dihindari sehingga orang tua bisa menerima kondisi bayi yang sudah dilahirkan.

  • Bayi Laki-laki

Bayi laki-laki cenderung memiliki potensi yang lebih besar mengalami cacat bibir sumbing. Meskipun pada beberapa kasus perempuan juga sering mengalami kondisi ini.

  • Ibu Hamil Mengalami Obesitas

Bayi yang dilahirkan dengan kondisi ibu hamil mengalami obesitas juga memiliki faktor yang sangat besar. Kondisi ini biasanya paling sering terjadi pada ibu hamil yang memang berbakat obesitas sebelum hamil.

  • Ibu Hamil dengan Diabetes

Janin yang dilahirkan dengan kondisi ibu hamil mengalami diabetes juga memiliki resiko yang besar terkena bibir sumbing. Kondisi diabetes sebelum hamil juga bisa meningkatkan potensi penyebab bibir sumbing.

  • Konsumsi Obat-obatan

Konsumsi beberapa jenis obat-obatan tertentu selama hamil juga bisa meningkatkan resiko bayi bibir sumbing. Beberapa obat-obatan yang tergolong dalam resiko bibir sumbing adalah obat epilepsi, obat jerawat dan obat kimia lain.

  • Infeksi penyakit

Infeksi yang terjadi selama kehamilan meningkatkan resiko penyabab bibir sumbing. Jika ibu hamil mengalami berbagai jenis gangguan penyakit yang disebabkan infeksi, maka harus mendapatkan pengobatan dari dokter kandungan untuk mencegah infeksi yang lebih lanjut.

  • Kekurangan Asam Folat

Ibu hamil yang kekurangan makanan yang mengandung asam folat memiliki resiko bayi dengan bibir sumbing. Asam folat memiliki peran yang sangat penting untuk pembentukan jaringan pada bagian wajah dan sistem syaraf dan otak. Proses ini akan terjadi selama trimester satu sehingga ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi. Asam folat tidak bisa didapatkan dari dalam tubuh sehingga harus dikonsumsi dari makanan atau suplemen yang diberikan oleh dokter kandungan.

 Demikian informasi Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir. Jadi, jika anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan, lebih baik bicarakan dengan dokter mengenai cara-cara untuk meningkatkan peluang Anda memiliki bayi yang sehat. Semoga bermanfaat.

Terusu kunjungi https://tehherbaluntukmembersihkanusus.wordpress.com situs untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya seputar kesehatan.

Penyebab Bibir Sumbing Pada Bayi Baru Lahir

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s