Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Orang Bertubuh Tinggi

Walaupun sangat menyenangkan jika memiliki tubuh yang tinggi karena dapat memiliki banyak kesempatan untuk memilih berbagai macam profesi, namun memiliki tubuh tinggi juga memiliki resiko kesehatan tersendiri. Ketahui Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Orang Bertubuh Tinggi

Selamat datang kembali di halaman Teh Herbal Untuk Membersihkan Usus yang merupakan situs resmi Alfian Herbal yang merupakan tempat penjualan obat herbal secara online yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang ampuh untuk mengobati segala penyakit baik penyakit akut maupun penyakit kronis. Selain memberikan informasi mengenai pengobatan penyakit dengan menggunakan obat herbal yang tersedia pada kami, disini kami juga akan memberikan informasi mengenai semua yang berkaitan dengan kesehatan, yang salah satunya mengenai Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Orang Bertubuh Tinggi. Berikut informasi selengkapnya.

penyakit-yang-rentan-dialami-oleh-orang-bertubuh-tinggi

Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Orang Bertubuh Tinggi — Tinggi badan jadi anugrah tersendiri bagi bangsa Asia yang punya tinggi badan yang tak setinggi orang kaukasian. Namun tak selalu orang-orang tinggi diasosiasikan dengan pemain basket atau jago olahraga, karena ada beberapa kerugian yang merundung kaun berbadan tinggi.

Mulai dari sedikit lebih pelan dan kurang fleksibel, hingga beberapa hal dalam aspek kesehatan yang ternyata berhubungan dengan berapa tinggi seseorang.

Dilansir dari The Huffington Post, seorang ahli bedah ortopedis dari Austin, Texas, bernama Dr. Eeric Truumees, menyatakan ada beberapa hal dari tinggi manusia yang mempengaruhi kesehatan. Dokter yang punya tinggi lebih dari 2 meter ini, melakukan riset berdasar keresahan yang muncul dari tinggi badannya sendiri.

Mulai dari prakiraan panjangnya usia hingga permasalahan punggung, berikut pengaruh tinggi badan dalam aspek kesehatan :

  • Panjangnya umur

Dari perspektif evolusi, orang tinggi akan mempunyai harapan hidup yang lebih rendah daripada orang yang lebih pendek. Menurut teori dari Mary Schooling, seorang profesor di City University of New York School of Public Health and Health Policy,

tumbuh dengan lebih cepat dan lebih tinggi, berarti Anda akan memiliki hidup yang lebih tinggi. Hal ini terjadi pada tikus.”

Meski hal ini belum jelas aplikasinya ke manusia, namun beberapa gen punya hubungan antara tinggi badan yang pendek dengan angka harapan hidup yang lebih tinggi. Hal ini membuat orang-orang yang punya badan pendek akan lebih panjang umur.

Namun hal ini tak akan berlaku jika berbagai karakteristik dalam angka harapan hidup juga ikut dicakupkan, seperti nutrisi, status sosial ekonomi, dan resiko lingkungan dalam menularkan penyakit.

  • Kanker

Kanker adalah sel abnormal yang bertambah tanpa terkontrol. Hal ini menyebabkan ada hubungan lebih jauh antara punya badan tinggi dengan bertambahnya resiko kanker.

Menurut Profesor Schooling, lebih banyak sel yang ada di tubuh, tentu lebih mempertinggi mutasi kanker terjadi. Hal ini terjadi di beberapa riset tentang kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat yang ternyata lebih banyak menyerang manusia dengan badan lebih tinggi.

Hormon pertumbuhan juga memegang peran penting dalam hal pengembangan sel kanker. Hal ini dikarenakan rendahnya hormon pertumbuhan juga menurunkan resiko tumbuhnya sel kanker.

  • Serangan jantung

Ternyata menjadi orang tinggi tak melulu bermakna rentannya badan terhadap beberapa penyakit. Di beberapa kasus, orang tinggi justru lebih kebal.

Studi membuktikan bahwa orang yang lebih pendek lebih sering terkena serangan jantung serta diabetes, ketimbang orang tinggi. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah dari orang yang lebih tinggi ternyata lebih kuat.

Namun hal ini tak sepenuhnya benar, karena ada kemungkinan bahwa orang dengan badan tinggi cenderung terproteksi dari kondisi kardiometabolisme karena mengonsumsi makanan sehat dari kecil, dan makanan sehat tersebut berpengaruh ke efektivitas pertumbuhannya.

  • Cidera

Tak hanya orang yang lebih tinggi lebih rentan cidera dan terkadang lebih ceroboh, namun terkadang cidera yang mereka alami ketika kecelakaan jauh lebih buruk ketimbang mereka dengan tubuh pendek.

Hal ini diamini oleh Dr. Truumees yang menyatakan bahwa orang yang lebih tinggi lebih sering mengalami patah tulang pinggul ketimbang mereka yang lebih pendek. Padahal mereka mengalami kecelakaan dengan tipe yang hampir sama. Hal ini tentu dialami oleh para atlet dengan tubuh yang tinggi, yang akan menjalani waktu pemulihan yang lebih lama.

Selain itu, permasalahan punggung dan leher tentu adalah yang sangat krusial bagi para manusia tinggi. Hal ini dikarenakan di tempat umum seperti kampus dan kantor, didesain untuk seseorang dengan tinggi badan rata-rata. Hal ini otomatis mempertinggi penyakit punggung serta leher.

  • Pembekuan darah

Sebuah studi menyatakan bahwa pria dengan tinggi 180 centimeter atau lebih tinggi, 2,6 kali lebih berpotensi untuk terkena venous thromboembolism atau kesulitan pembekuan darah. Hal ini akan diperparah jika ia tinggi serta obesitas.

BACA JUGA -> Waktu Yang Paling Tepat Untuk Makan Buah

Nah itulah tadi Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Orang Bertubuh Tinggi. Hal-hal diatas tentunya juga sangat dipengaruhi dari faktor lainnya seperti asupan nutrisi, pola hidup, lingkungan, hingga status ekonomi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Penyakit Yang Rentan Dialami Oleh Orang Bertubuh Tinggi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s